Pandan Chiffon Cake


Sebenernya sih dah pernah buat kue ini…resepnya dapet dari temen….sekali nyoba langsung sukses….ehhhhh begitu nyoba lagi kok malah ‘gatot’….hikkkkkkshikkksss…

penasaran.com lah jadinya…masa sebelumnya bisa buat…ehhhhhh nyoba lg malah gagal….after searching2 sana sini…nemu deh resepnya….n aq coba lagi…

lumayaaaaannnn….hasilnya ga gagal, tp penampakan sih ga cantik bangetttsss,tp bolehlah hehehe🙂

yukks, ini contekannya…

bahan yg dipakai

Bahan pertama Chiffon cake:
5 butir kuning telur
150gr tepung terigu
1/2sdt baking powder
1/2sdt soda kue
75ml minyak sayur
50ml santan kental
15ml air suji –>aq pake air putih aja, sujinya kuganti pake essence pandan

Bahan kedua:
5 butir putih telur
1/2sdt cream of tartar
200gr gula pasir

Cara membuat:
1. Kocok kuning telur hingga lembut. Lalu masukkan tepung terigu, baking powder, dan soda kue, aduk dengan spatula hingga rata.

kocokan kuning telur

kocokan kuning telur

tepung terigu+baking pwdr+sodakue yg dituang ke kocokan telur

tepung terigu+baking pwdr+sodakue yg dituang ke kocokan telur

hasil setelah dicampur

hasil setelah dicampur

2.Tambahkan minyak sayur, santan, dan air daun suji. Aduk satu arah hingga rata, sisihkan. Itu namanya adonan pertama yakk.
Waktu nyampur…aq dah mulai ragu dengan penampakan adonannya…tp tetep nekad ajah buat nerusin🙂

penampakkan setelah dicampur dg minyak+santan+air

penampakkan setelah dicampur dg minyak+santan+air

3. Kocok putih telur, cream of tartar, dan gula pasir hingga lembut dan mengembang.

adonan putih telur+gula

adonan putih telur+gula

Pas di adonan putih telur ini aq masukkin essence pandannya, makanya adonannya jd berwarna hijau.

adonan putih telur yg tercampur essence pandan

adonan putih telur yg tercampur essence pandan

Masukkan kocokkan putih telur sedikit demi sedikit ke dalam campuran adonan pertama tadi. Aduk rata.

adonan putih telur yg siap dimasukkan ke adonan pertama

adonan putih telur yg siap dimasukkan ke adonan pertama

4. Tuang adonan yg telah tercamour tadi ke dalam loyang berdiameter 22 cm tanpa di olesi mentega. Panggang selama 35 menit dan angkat.

adonan yg siap untuk dipanggang

adonan yg siap untuk dipanggang

aq pakenya oven ky gini....warisan nyokap :-)

aq pakenya oven ky gini….warisan nyokap🙂

penampakkan setelah dipanggang

penampakkan setelah dipanggang

Hasilnya kaya gini nih penampakannya…

my pandan chiffon cake

my pandan chiffon cake

Lain kali kalo aq niat nyoba lagi…sepertinya aq mau merubah komposisi takaran minyak, air dan santannya….feelingku sih rasanya kurang, makanya tekstur kuenya setelah jadi tidak begitu halus…
Eniweiiiii….kuenya masih tetep enak buat dimakan😉

Happy Baking😉

sumber: dari sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s