Semur Ayam Kecap


Kali ini saya mau share resep Semur Ayam Kecap. Saya rasa sih moms semua udah pada tahu dan jago masak makanan ini deh ya….

Gpp deh, ga ada salahnya kita berbagi…ini sih versi saya, simple dan ga ribet…karena dikejar2 waktu masaknya hahaha…..

Saya menggunakan ayam fillet. Kenapa saya pakenya ini? Pertama karena anak2 ribet makannya kl yg ada tulangnya…yg kedua, lebih cpt mateng jg sih kalo pake fillet-an aja.

Bahan:
• 300 gram dada ayam fillet, potong kecil2, goreng sebentar hingga setengah matang, sisihkan
• 300 gram (kira-kira 3 buah) kentang, potong agak besar, goreng hingga matang, lalu sisihkan.
• 3 buah tahu potong kotak memanjang atau sesuai selera.
• 1000 ml (1 liter) air
• 100 ml Kecap Manis Bango (saya kira2 aja sampai manis secukupnya)
• 1 bungkus bumbu penyedap, saya pake Royco ☺(kalo ga mau pake gpp juga)
• 1/4 sendok teh garam
• 1/2 butir pala, diparut halus
• 1/2 sendok teh lada putih bubuk
• 2 sendok makan bawang merah goreng
• 3 sendok makan minyak untuk menumis
• 1 batang serai, memarkan

Bumbu halus:

• 5 siung bawang putih
• 5 butir bawang merah
• 2 cm jahe

Cara Membuat:

1. Tumis bumbu halus bersama serai sampai harum.
2. Masukkan ayam, masak hingga menyatu dengan bumbu.
3. Tambahkan kentang, Kecap Manis Bango, air, Royco, garam, gula, lada dan pala, masak dengan api kecil hingga air agak mengental.
4. Tambahkan bawang merah goreng, aduk, masak sebentar lalu angkat dan sajikan.

Kaya gini hasilnya ….

tmp_22640-PhotoGrid_14493253490551072697175

Met berkreasi bu-ibu 😉😉😉

Leave a Reply

