Resep Ayam Goreng Bawang


Ahaaaayyy….akhirnya berkesempatan menulis lagi 😊😊. Memang beberapa waktu belakangan ini lumayan agak sibuk dengan kegiatan2, jadinya tak sempat2 menulis *emak2 rempong banyak acara hahaha*..

Jadi ceritanya  hari kemarin  tuh lagi kepingin banget masak Ayam Goreng Bawang. Inspirasinya sih dapet dari restoran2 seafood yang ada di Batam ini. Setiap makan di restoran pasti pesennya menu ini untuk anak-anak karena pada ga doyan kl yg model2 udang, sotong, kepiting, gong-gong dan semacamnya 😂😂. Plisss…coba deh masa udah taunan tinggal di marih ga pernah nyobain buat masakan ini hahaha….😜

Inilah pertama kalinya memasak “Ayam Goreng Bawang” ini. Tapi saya ada sedikit modif ditambahin dengan tepung. Kl ada kesempatan lagi, kapan2 buat yg versi ga pake tepung. Yuk mari kita langsung ke TKP ajah….

Intip dulu penampilan perdana Ayam Goreng Bawang saya… ^_^ #buatngilersikit…

tmp_2261-201511290137-751494140

Resepnya sebagai berikut pemirsaaaah…

AYAM GORENG BAWANG PUTIH & SEDIKIT TEPUNG

Bahan:

  • 500gr daging ayam tanpa tulang, potong-potong kecil atau sesuai selera
  • 1,5 bongkah bawang putih, pukul-pukul hingga memar tetapi jangan sampai hancur
  • minyak sayur untuk menggoreng

 Bumbu untuk merendam (haluskan):

  • 3 siung bawang putih – diparut
  • 3 butir bawang merah – diparut
  • 1 ruas jahe – diparut
  • 1 sdm kecap asin
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam

tmp_2261-201511291309341600207

Untuk Tepung Bumbu, aduk-aduk rata:

  • 100 gr tepung terigu
  • 50 gr tepung beras
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdt merica bubuk hitam
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1/2 sdt garam

tmp_2261-201511291317-553594329

Cara Membuat:

  • Siapkan ayam, bubuhi dengan perasan air jeruk nipis dari 1/2 buah jeruk + bumbu untuk merendam sampai benar2 merata, kemudian diamkan selama 1 jam agar bumbu meresap.

tmp_2261-PicsArt_11-29-01.26.0165487017

  • Selanjutnya guling-gulingkan potongan ayam yg telah berlumur bumbu tadi ke campuran Tepung Bumbu hingga merata.
  • Siapkan bawang putih yang telah dipukul-pukul tadi lalu beri 1/2 sendok teh garam, taburi hingga rata.
  • Siapkan wajan (saya pakai teflon biar tak lengket), tuangkan minyak agak banyak.  Panaskan minyak hingga benar-benar panas lalu masukkan bawang putih dan goreng bawang putih hingga setengah matang, lalu angkat dan tiriskan. Sisa minyaknya ini kita pakai untuk menggoreng ayam.

tmp_2261-PicsArt_11-29-01.28.09-2037452820

  • Goreng ayam hingga seluruh permukaannya terendam dengan minyak. Saat ayam sudah setengah matang, masukkan kembali gorengan bawang putih tadi. Aduk bersama-sama hingga ayam dan bawang putih matang dan crispy. Setalah itu angkat dan tiriskan terlebih dahulu. Note: Jika minyak kurang banyak, goreng ayam dalam 2 atau 3 tahap.

tmp_2261-PicsArt_11-29-01.30.032142159747

  • Siapkan piring, tata dan sajikan Ayam Goreng Bawang ini bersama dengan nasi panas. Dijamin lekker dah !!!

Dan ini dia Menu For Today kami plus si Ayam Goreng Bawangnya  …

tmp_2261-img1448733421214-1490568284

Saat kita lagi makan, anak saya pun langsung mengomentari…

“Bunda, ayamnya enak kali bun, sama kaya yang kita makan di restoran itu…”

“Aaaaahhhh….kamu nak, membuat bundamu tersipuh2 ajah hahaha….” lebay.com

Menurut saya pribadi sih, percobaan pertama ini ga gagal banget dah…Mempersiapkan untuk bahan rendamannya memang agak menyita waktu, tetapi itu terbayar dengan rasa yang didapat saat memakan ayamnya hehehe…hanya saja karena saya tidak ada stok tepung beras, jadi saya skip bahan tepung tersebut. Mungkin itu yang menyebabkan ayamnya tidak terlalu crispy sih. But it’s okay, there is always a second chance and other chances to try and make it better…

Oyaaa, resep aslinya saya dapet dari sini dan sini juga . Thanks for the recipes so I can make my Ayam Goreng Bawang of my own.

Now, you give it a try and thank you for reading this article…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s