Melindungi Data Pribadi dari Hacker


Di jaman yang serba canggih sekarang ini…hampir setiap orang pastinya aktif untuk ber-surfing ria di dunia maya, misalnya mengecek E-mail…atau Facebook-an, Twitter-an, Hi5, Friendster dan lain sebagainya… Tentunya hal tersebut dapat dilakukan baik di rumah, kantor ataupun di luar rumah, seperti Cafe, Warnet.

Hal tersebut adalah wajar-wajar saja mengingat sekarang era yang serba elektronik…tetapi sadarkah kita jika kita memasuki situs yang menggunakan user ID dan melakukannya di tempat-tempat umum akan membahayakan diri kita sendiri?

Memang siiih, kadangkala menyimpan data pribadi kadang sangat bermanfaat ketika kita sering mengunjungi situs favorit yang membutuhkan user ID dan password. Tetapi hal tersebut dapat menjadi masalah jika yang menggunakan komputer tersebut adalah orang lain.

Apa sebabnya? Situs yang kita masuki dengan menggunakan ID dan password itu sangat rentan dibajak/dicuri oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab alias Hacker.

Naaah, cara yang paling sederhana untuk melindungi data pribadi kita adalah:

  1. Tidak pernah memberikan password kepada orang lain…tentunya🙂 dan jangan meng-klik atau centang kata-kata yang bertuliskan “ingat kata sandi” atau “remember password”.
  2. Menghapus password yang tersimpan di browser dan jejak rekam (history) kita ketika kita surfing internet.

Apabila menggunakan browser Internet Explorer, caranya adalah:

  • Klik Tools > Internet Options
  • Di Tab General, klik Delete di bagian Browsing History
  • Untuk membersihkan semua password yang pernah dimasukkan saat login ke website tertentu, atau data yang pernah diisikan ke form di suatu website, klik saja di masing-masing tombol yang ada. Atau kalau mau menghapus jejak sebelumnya, tekan saja Delete All.

Sedangkan bila menggunakan Firefox, caranya adalah:

  • Klik Tools > Options
  • Di icon Privacy, klik Settings. Pada menu Settings, beri centang  pada box yang ada di bagian History dan Data. Lalu klik OK.
  • Di icon Security, klik Saved Password, lalu klik Remove All.

Untuk browser Opera Mini, caranya adalah:

  • Klik Tools > Delete Private Data.
  • Di menu yang muncul, klik Delete. Atau kalau ingin lebih spesifik lagi, klik Detailed Options. Setelah itu beri centang di boks apa saja yang ingin dihapus. Jika sudah selesai, klik Delete.

 

Semoga membantu dan selamat mencoba…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s