Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk


Jika siang hari kita disibukkan oleh lalat….naaah, saat malam tiba repotlah kita dengan nyamuk-nyamuk nakal ^^. Berikut ini adalah jenis-jenis tanaman yang berkhasiat untuk mengusir nyamuk.

  1. Geranium
  2. geranium

    Mengandung zat yang mudah terbang memenuhi udara di sekitarnya. Untuk mengusir nyamuk, letakkan tanaman ini di dalam ruangan maupun di halaman.

  3. Rosemary
  4. rosemary

    Wangi tanaman ini membuat nyamuk stres dan tidak mau mendekat. Karena tanaman ini sangat butuh sinar matahari dan butuh cukup air, sebaiknya diletakkan di luar rumah.

  5. Selasih
  6. selasih

    Tanaman ini mengeluarkan aroma tajam. Tak jarang karena aromanya tersebut membuat orang yang berada di sekitarnya pusing dan mual. Sebaiknya diletakkan di luar rumah.

  7. Zodia
  8. zodia

    Walau kecil, tanaman ini sanggup mengusir nyamuk keluar dari rumah. Cocok ditaruh dalam pot sebagai tanaman hias.

  9. Citrosa mosquito fighter
  10. citrosa mosquito

    Tanaman ini mampu membuat nyamuk takut berada di dekatnya, karena mampu mengeluarkan aroma mint. Dan akan semakin menyengat jika daunnya digoyang-goyang. Latakkan dalam pot dan taruh dalam kamar berukuran 3 x 4 meter.

  11. Citrosa queen of lemon
  12. citrosa queen of lemon

    Tanaman ini mengeluarkan aroma lemon. Karena mengandung minyak atsiri, daun tanaman ini dapat dijadikan kapur barus. Aromanya akan semakin tercium jika daunnya diremas atau pohonnya digoyang-goyang.

  13. Mintrosa of lady diana
  14. mintrosa of lady diana

    Hampir sama dengan tumbuhan citrosa,tumbuhan ini juga mengeluarkan aroma atau bau yang sangat kuat sehingga dibenci oleh nyamuk.Tumbuhan ini berasal dari Belanda. Sama seperti citrosa,sulit untuk menemukan bunga import ini.

  15. Tembelekan
  16. tembelekan

    Berisi kandungan minyak atsiri, asam lantanilat, lantanina dan asam lantabetulat yang memunculkan bau yang khas yang tidak disukai oleh nyamuk.

  17. Tahi kotok
  18. tahi kotok

    Dikenal juga sebagai pestisida. Bahkan mampu merangsang telur larva cepat menetas, namun beracun bagi larva yang sudah menetas.

Shanti (dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s