Kendalikan Emosi dengan Permainan Jari


Ngiri gak sih kalo kita melihat seseorang yang piawai banget memainkan jarinya di atas tuts piano? So…pasti yah. Apalagi lagu yang dimainkan adalah hasil karya pribadi. Liat aja contohnya seperti Sherina ato Kevin “Viera” yang lagi naik daun saat ini.

Ternyata bermain piano memiliki beragam manfaat, yakni mampu melatih otak kiri dan kanan secara bersamaan untuk bekerja, membuat emosi kita lebih stabil dan bisa berekspresi tentunya.

Hmmm… jadi pengen belajar piano kan? nih…baca dulu tips-tipsnya biar tambah semangat nantinya:

  1. Sediakan waktu luang dalam sehari minimal satu jam. Belajar piano sehari satu jam dan rutin setiap hari adalah lebih baik daripada belajar piano sekaligus sehari lima jam tetapi besoknya berturut-turut selama satu minggu tidak latihan lagi.
  2. Bila suatu waktu berjam-jam belajar piano mengalami kejenuhan, istirahatlah sejenak. Setelah fresh baru lanjutkan lagi belajarnya.
  3. Belajar piano dengan cara yang benar dan sesuai aturan yang diberikan guru piano. Misalnya diawali dengan 10 menit pemanasan latihan jari dengan melancarkan tangga nada, 40 menit membaca notasi balok, 15 menit latihan improvisasi, dst.
  4. Jangan mudah menyerah dan patah semangat kalau pusing atau ribet dalam melancarkan suatu lagu/teknik tertentu. Latihlah dengan tekun dan sabar.
  5. Jangan terburu-buru dalam belajar piano. Belajar membaca not atau suatu lagu diawali dengan tempo yang lambat, jangan langsung tempo yang sesungguhnya atau tempo cepat. Harus sabar ! Bila sudah lancar dan tekniknya benar, baru ditingkatkan temponya, begitu seterusnya hingga akhirnya sesuai dengan tempo aslinya.
  6. Belajar piano dengan disiplin dan metode yang benar selalu membuahkan hasil yang memuaskan.

Nah…bagaimana? Mudah-mudahan gak ragu lagi kalo mo belajar piano… Asal tekun dan sabar, pasti akan mahir…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s